POPULER

Kamis, 15 Mei 2014
“Hari telah berganti, tak bisa ku hindari. Tibalah saat ini bertemu dengannya. Jantungku berdegup cepat, kaki bergetar hebat. Akankah aku ulangi merusak harinya.”

Mungkin penggalan lagu Sheila On 7 cocok buat opening kali ini. emang sih sebenernya bukan mau ngomongin soal ketemu sama seseorang, tapi yang mau gue ceritain kali ini adalah soal presentasi tugas besar geoling.

Asal loe tau aja nih ya geoling itu mata kuliah yang paling ribet menurut gue, tiap minggu asistensi lah, ini lah itu lah.. hmm capek pokoknya.

Akhirnya tugas besar geoling mencapai akhir. Tapi sebelumnya kita mesti ngumpulin draf dulu sebelum presentasi besoknya. Masih ingetkah kalian kelompok 4 sama 6. Kejadian dimana kita telat ngumpulin draf?? Gue yakin loe pada masih inget.



Waktu itu kelompok gue (4) ada wawan, maman, jazen, april, meta, merli, sama gue. Terus kelompok 6 ada Angga, manel, shinta, dyah A, suci, dian, artha sama nawaf (kalo gak salah.hehe)

Jadi saat itu adalah hari dimana kita mesti ngumplin draf laporan akhir. Deadline-nya jam 6 sore pokoknya. Nah kelompok gue sama kelompok 6 belum ngumpulin tuh laporan, yang seharusnya di kasih kormat dulu (Kris sama Bendrong) habis itu baru di kasih ke asdosnya. Waktu semakin mepet, dan akhirnya punya kelompok gue selese juga.

Tapi ketika kita udah selese kormatnya udah mau berangkat buat ngasih tuh laporan, dan posisi waktu itu kelmpok gue sama 6 masih belum ngumpulin. Dan yang bikin panik lagi laporannya belum dijilid.

Akhirnya gue sama wawan jilid dulu tuh laporan, dan selese itu kita langsung nyusul komat yang dalam perjalanan menuju rumahnya mbak tiara selaku asdos. Gue sempet sms mereka (kormat) buat jalannya pelan-pelan saja kayak lagunya kotak tuh. “Bila berat, melupakan akuu, Pelan-pelan saja”. Oke lanjut... setelah itu, wawan ngebut banget bawa motornya. Salip kanan, salip kiri.. belok kanan,,belok kiri. Udah kayak pembalap mini 4WD tau ga (tamiya dong kalo gitu..haha).

Kita akhirnya gak bisa ngejar para kormat itu. Hanya berjarak beberapa detik aja sampe garis finisnya (Rumah Mbak Tiara). “sialan telat” kata gue dalam hati. Ketika gue sama wawan masuk, suasana udah tegang. Gue gak tau mesti ngapain, gue sih Cuma ngikut aja..hehe. gue liat Cuma ada 4 laporan yang ada disana, Dan pasti punya kelompok 6 juga belum ngumpulin.

Wawan sempet ngomong sama kris dan munif, padahal udah di suruh pelan-pelan kok malah udah sampe duluan. Dan munif bilang kalo mereka udah pelan banget, malahan sempet beberapa kali mereka turun dari motor dan motornya dituntun biar gak cepet sampe. (lebay)

Di dalam gue coba perhatiin satu persatu muka orang-orang yang disana. Gue liat muka kris udah tengang. sementara bendrong pasang muka Inocent. Terus gue liat wawan, seperti biasa mukanya suram. Kebetulan di depan gue ada meja kaca dan gue coba bercermin, samar-samar terlihatlah muka oon dikaca meja itu (muka gue dong?). yups betul sekali muka gue keliatan oon waktu itu. Lalu gue coba palingkan pandangan ke mbak asdosnya, dan terlihat muka cantik disana (eh). :)

Gue masih mikirin nasib kelompok 6 gimana, dan mungkin allah mendengar pikiran gue. Gak lama kemudian manel sama shinta dateng. “alhamdulillah, mereka dateng juga” batin gue. Tapi setelah mereka mengeluarkan laporannya gue hampir pingsan waktu itu (alay). Laporannya belum dijilid coy.. dan waktu itu gue langsung pura-pura maen hp dan pasang muka tak berdosa, soalnya gue tau kalo sesuatu yang gak baik bakal terjadi..

Dan benar aja, mbak tiara nanyain kenapa kok belum dijilid laporannya. Setelah beberapa saat terdiam akhirnya mbak tiara nyuruh mereka buat jilid dulu tuh laporan. Layaknya seorang pelatih yang ngasih instruksi sama pemainnya, dia jelasin dimana ada tempat fotocopy. “Ini nanti ke kiri sampe perempatan kedua, terus belok kiri lagi. Habis itu ada pertigaan belok kanan. Lurus terus sampe mentok. Disitu ada rumah warna ijo, nah disamping rumah ada tangga. Ntar kamu naik tangga itu sampe atas. Habis itu ada jalan setapak sekitar 10-15 meter. Di ujung jalan ada tali buat gelantungan sampe seberang jurang. Ntar di seberang jurang ada prosotan, terus kamu naik deh prosotan itu sambil mikir kalo kalian mau ke tempat fotocopy. Nanti lagsung sampe depat tempat fotocopy.” Manel dan sinta pun ngikut aja apa yang di kasih tau sama mbak tiara.

Saat mereka pergi, otak gue yang pentium 2 masih mencoba mencerna kata-kata mbak tiara tadi. Ngapain ya mesti naik tangga segala? Emang disini ada jurang ya? Terus apa hubungannya naik prosotan sama tempat fotocopy? Apa itu prosotan ajaib, jadi kalo naik tuh prosotan sambil mikir kita mau kemana ntar sampe sendiri. Hmm,,kayak pintu kemana aja milik Doraemon dong..ya ya ya.. gue ngerti,gue ngerti.

Saat mereka pergi (manel sama sinta) mbak tiara pergi ke belakang. Saat itu pula pikiran kere gue langsung bekerja. “wah kayaknya bakal disuguhin sesuatu nih, ya minimal minum lah” batin gue (kalo soal kayak gini otak gue udah kayak core i7). Dan benar aja sebuah teko bersama beberapa gelas dibawa keluar. Assiikkk,,tapi kayaknya Cuma gue yang seneng sama hal ini. kris, wawan, sama munif kayaknya biasa aja.  Apa mereka masih mikirin masalah keterlambatan ini ya? Tapi gue juga mikirin kok..hmm. udah lah penting minum dulu, biar ngilangin stres..haha

Masih dalam suasana tegang, dan masih menunggu manel sama sinta balik dari tempat fotocopy-an. Gue liat mbak tiara sibuk sama handphone-nya, entah gue gak tau apa yang dia lakuin sama hp-nya. Ato jangan-jangan malah gak ngapa-ngapain, dia Cuma pura-pura maen hp biar dikira orang sibuk kali ya?? Bisa jadi,,tapi ini Cuma sekedar dugaan sementara. Belum ada bukti yang menegaskan peristiwa ini. (bahasanya kayak polisi yang lagi nanganin kasus aja).

Setelah beberapa saat suasana mulai agak mencair, seperti es batu yang ada di minuman yang tadi disuguhin. Dan muali ada percakapan diantara kita. Tapi beberapa saat suasana kembali agak tegang. Semua karena ucapan mbak tiara yang bilang gini “oke yang ini (laporan kelopkok gue) saya bisa terima, tapi yang punya temen kalian (kelompok 6) saya gak bisa jamin.” Duuaarr, suara petir dan diikuti sama hujan turun dengan derasnya (pura-puranya biar keliatan dramatis). Saat itu juga kita berempat pada gak bisa berkata-kata.

Di satu sisi gue seneng soalnya laporan kelompok gue diterima, tapi di sisi lain gue juga khawatir sama kelompok 6. Kita berempat bener-bener gak bisa ngomong. Kita udah bener-bener Hopeless  saat itu. Kalo perasaan udah kayak gini, rasanya gue jadi cepet haus. (alasan buat bisa minum..hehehe)

Setelah beberapa saat akhirnya manel sama sinta kembali dengan laporannya. Saat itu suasana mulai membaik lagi. Kita sempet ngbrol secara luas disana (soalnya yang di obrolin panjang lebar, kan pajang kali lebar sama dengan luas. Iya kan). Dan setelah itu akhirnya kita pamit pulang.

Hari yang di nanti akhirnya tiba. Hari presentasi Geoling. Perlu diketahui, kalo kita kali ini presentasinya bareng sama anak-anak S1. Yah gitu lah planologi undip.

Pagi itu di kampus, semua pada sibuk buat persiapan presentasi. Ada yang nyiapin PPT, terus ada yang baca laporan, ada juga yang laporannya di bakar terus abunya diminum.. (ada-ada aja)..

Dan pagi itu juga, tau-tau gue disuruh yang presentasi dar kelompok gue. Dan sontak gue langsung teriak “Whaaatttt???? Are you kidding me???”. Eh,,nggak nggak.. nggak sampe kayak gitu kok reaksinya.. orang waktu itu gue naggepinya biasa aja kalee, gak sampe seheboh itu. Ini penulisnya lebay amat sih.. (geleng-geleng kepala)

Waktu presentasi akhirnya tiba juga. Saat itu dibagi dalam ruangan, satu di ruang kelas B.105 dan yang satu lagi di ruang seminar. Presentasinya di campur. Separuh kelmpok yang ada di kelas gue (D3), kelas A, dan Kelas B berada di ruang B.105 dan sisanya di ruang seminar.

Setelah para asdos jelasin sistem pertahanan nasional, eh sistem presentasinya maksud gue. Akhirnya presentasipun dimulai. Satu persatu kelompok maju buat presentasi. Sampai akhirnya tiba saatnya kelompok gue..

Sebelum maju gue sempet tutp mata dulu, dan tangan kanan gue taroh di dada sebelah kiri. Pas si depan jantung. “Deg deg,,deg deg,,deg deg” (suara jantung maksudnya). Saat maju kita memposisikan diri kita pada posisi masing-masing. Gue posisi kiper, wawan bek, jazen playmeker, dan maman striker. (maen bola dong kalo gitu?haha). gue jadi presentator, terus maman moderator, dan yang lain duduk manis buat bantu jawab pertanyaan.

Sesaat ketika presentasi dimulai, sepertinya bait lagu Sheila On 7 yang di atas tadi seakan merasuki tubuhku. “Jantungku berdegup cepat, kaki bergetar hebat.” Untungnya gue gak ngompol waktu itu. (biar keliatan dramatis. Sebenernya sih gue biasa aja, tapi kalo gue bilang gue biasa aja ntar gak seru. Lagian kan ini cerita semi Fiksi, jadi gak masalah dong kalo gue tambahin bumbu..). sekali lagi gue pejamkan mata ini, dan ambil nafas yang dalam supayadetak jantungku normal lagi. Setelah itu gue mulai bicara.

Gue memulai presentasi dengan semangat 45. Dengan nada yang tegas kayak bung Karno sama bung Tomo yang lagi berpidato “Saudara-saudara sebangsa dan setanah air. Mari kita wujudken (ejaan lama kan dibaca ken) kemerdekaan ini. kita pulangken para kompeni ke tanah mereka. Kita bangkitken semangat kita. Kita singkirken mereka. Dan kita sambut Sheila On 7 (lho malah jadi acara konser)”. Dari tadi ngomongnya “Ken” mulu, jadi kepikiran Sheila On Seven deh.

Dan saat mulai masuk pertengahan presentasi gaya bicara gue udah mulai berubah. Yang tadinya semagat 45 kini mulai agak lebih kalem. Kayak motivator Mario Teguh yang lagi ngasih motivasi “Cinta itu kasih sayang, bukan emosi. Cinta itu berawal dari hati. Labih baik anda menunggu orang yang anda cintai, anda kasihi, anda sayangi, daripada anda hanya memusakan diri dengan apa yang ada dengan emosi bukan hati. Yang perlu anda sekalian ketahui, hidup adalah sebuah pilihan, dan hidup akan terlamapu singkat untuk dilewati bersama pilihan yang salah. Maka dari itulah, anda harus berhati-hati dalam memilih pasangan”. Waduh, udah kayak motivator beneran nih gue.



Di akhir presentasi gaya bicara gue udah lain lagi. Kayak pembawa berita di tv yang bacaya cepet banget, terus nadanya agak datar. Karena saat itu waktu buat presentasi udah mau habis. Ya udah deh akhirnya gue kayak orang yng mencoba memecahkan Guinesss book of record dengan membaca 1000 kata dalam 1 menit.

Oh ya,,gue hampir lupa mau ceritain yang ini nih. Kejadian yang menguatkan rumor kalo gue bukan orang yang waras. Jadi ditengah presentasi kan lagi jelasin batuan tuh, dan ada salah satu batu yang mirip brem (tau brem kan?), kalo kena air itu batu seakan tergerus. Dan loe tau apa yang gue lakuin?? Buat ngeyakinin orang-orang yang ada disitu gue jilat tuh batu, gila gak?. Sebelumnya gue bilang kalo itu batu dijilat maka sensasinya kayak makan brem. Dan buat bikin mereka yakin secara reflek otak gila gue nyuruh buat jilat tuh batu..sinting.

Saat itu gue sadar bahwa reputasi gue sebagai cowok yang pendiem, baik, lugu, bakalan berubah jadi cowok yang gak warass.. gue sempet memperhatiin orang-orang yang ada disana. Sebagian dari mereka geleng-geleng kepala, terus ngangguk-angguk, lalu geleng-geleng lagi, ngangguk-angguk lagi kayak lagunya project pop yang Metal vs Dugem. “leng,,geleng geleng geleng geleng geleng geleng.. guk,,angguk angguk angguk angguk angguk angguk..”

Ketika sebagian orang kayak gitu, gue liat wawan malah mengacungkan jempolnya. Gue mikir nih anak gak normal kali ya? Yang lain pada heran liat gue kayak gitu, ini malah mengacungkan jempolnya. Loe gak tau apa kalo itu bisa aja menjatuhkan reputasi yang selama ini udah susah payah gue bangun? Reputasi yang gue bangun Cuma buat... (terdiam beberapa saat sambil mata berkaca-kaca).. Cuma buat.. (terdiam lagi)... Cuma buat bisa dapetin Dian Sastro.. (mulai keluar air mata).. Tapi semua udah gak penting lagi,,dia udah mutusin gue..hiks hiks..

Sory gue terbawa emosi. Sampe mana tadi?? Emmmm... tuh kan gue gak bisa cerita.. bentar ya gue tenangin diri dulu...

Satu jam dua puluh tiga menit empat puluh lima detik kemudian.....

Oke,,kita lanjutin. Jadi setelah selese presentasi kita langsung diserang sama asdosnya dengan pertanyaan-pertanyaan yang membosankan dan menjenuhkan dan juga bikin emosi. Kalo aja waktu itu hati gue lagi gak dirundung pilu karena abis putus sama Dian Sastro, pasti udah gue lempar tuh asdos pake sepatu gue.

Sepanjang jalan kenangan..ehh sory.. sepanjang jalanya presentasi rasanya bosen minta ampun. Asal loe semua pada tau, itu presentasi selesenya sekitar jam 6 sore bro.. yah loe bisa bayangin lah gimana rasanya dari pagi degerin orang ceramah tentang tugasnya..hmm amat sangat begitu terlalu menjemukan, membosankan, dan menjengkelkan.... yah gitu lah ceritanya (sory gue masih terbawa emosi soal Dian Sastro tadi,,jadi gue gak bisa banyak omong..)



Udah dulu ya coy. Lain kali kita terusin lagi ya,,kalo hati gue udah gak sesedih kali ini... 

BERSAMBUNGGGG... PART 8





1 komentar:

nisria nur aini mengatakan...

,hehehehe...pantes kok kak jdi motifator,,, heheheh