POPULER

Kamis, 11 April 2013

Sebuah kisah klasik D3 plano 10

Ini adalah cerita semi fiksi. Emangnya film aja yang bisa semi, cerita juga bisa kaleeee (Gak Jelas)

TEKNIK..PLANOLOGI..!!!      PLANOLOGI..JAYA..!!!      JAYA TEKNIK -> Toko Bangunan...hahaha

Kata2 itu adalah kata yang sering banget gue denger waktu masih jaman botak dulu. Saat jaman jahiliah masih melanda dunia kampusku tercinta ini (buat yang gak mudeng maksudnya saat masih jadi mahasiswa baru), dan saat Firaun (maaf nama disamarkan) masih menjajah kehidupan kami yang awalnya kami kira akan sangat menyenangkan saat pertama masuk negara baru bernama Planologi, yang punya bendera kebangsaan dengan lambang X. sebnernya gue gak tau sih itu bentuk apa..hehe (bagi yang tau film xXx, pokoknya lambangnya mirip huruf X di film itu). Dengan tiga lapis warna  yaitu biru, ijo, merah yang menyusunnya. Aduuuh udah kayak telaga warna aja, mungkin 100 tahun dari sekarang warnanya udah jadi ungu, coklat sama oranye kali ya..hahaha mulai ngelantur... jadi ada 3 lapis warna td yang membentuk huruf X yang gue sebut sebelumnya, dengan di tambah background warna putih bersama tulisan PLANOLOGIE di atas lambang dan LOCUS SOLUS di bawah lambang.

Masa-masa itu adalah masa paling menyeramkan dalam hidupku sejauh ini,sampai tiap hari gue bertanya dan berdoa kapan penjajahan ini kan berakhir. Apa karena Ir. Soekarno sudah mati jadi penjajahan di atas dunia ini dimulai lagi. Ya Allah, plis bangkitkanlah Soekarno, Soeharto, Jend. Soedirman atau Pangeran diponegoro. Kalo gak plis kembalikanlah bangsa portugis, belanda atau Jepang kesini lagi, rasanya akan lebih mudah merdeka dari mereka daripada merdeka atas Firaun dan antek-anteknya ini (lebay).


Yang paling terasa menyeramkan adalah saat pergi ke kampus, rasanya kita jadi makhluk paling aneh disana. Setiap mata dari antek-antek firaun selalu memandangi kita seakan ingin menguliti tubuh ini hidup2, salah satu anteknya yang paling terkenal kejam adalah gerandong...eh bukanya gerandong itu ada di cerita mak lampir ya? Tp kok bisa ada di jaman firaun sih? ANEH.. tapi udahlah gak penting.

Gerandong ini terkenal paling kejam dari yang lain, dengan tampang yang sangar terus di tambah lagi dengan tatapan mata sangat tajam, setajam SILET INVESTIGASI (dengan gaya mirip feny rose). Dia adalah orang yang paling ditakuti setelah si firaun.

Tetapi setelah kita para rakyat yang terjajah melakukan aksi perlawanan tiada henti, mulai dari perang gerillya, perang padri, pertempuran 5 hari di semarang, sampai perang Diponegoro. Akhirnya pada tanggal 15 Januari 2011 kita bisa juga merdeka atas penjajahan raja firaun ini dan di akui secara De Facto oleh pemerintahan yang berkuasa waktu itu..

Oke lupakan masa2 jahiliah itu,sekarang kita lanjutin aja.

Jurusan gue ini agak beda sama jurusan2 laen, dimana biasanya antara program DIII sama S1 di pisah. Semetara jurusan gue semunya jadi satu, mulai gedung kuliah yang sama, terus dosenya juga campur, sampai kegiatan kayak himpunan mahasiswa juga jadi satu. Gue anak DIII, ya meskipun semuanya jadi satu sama S1 tapi tetep aja ada beberapa perbedaaan. Seperti komting misalnya, meskipun kami punya komting angkatan tapi kami juga punya komting sendiri buat DIII. Komting gue disini ada dua orang, satu cowo dan satu lagi cewe.

Komting gue yang cowo namanya Wawan (Nama gak di edit), ya meskipun sampe hari ini gue masih mempertanyakan dan gak yakin beneran gak sih nih orang komting gue..haha (sory wan). Wawan ini salah satu orang yang paling gak jelas yang pernah gue temuin. Dia ini orang tengerang (ngakunya sih,tapi gue juga gak yakin ada orang tangerang kayak gini..hhehe), tapi orangtuanya asli semarang terus lahirnya di jakarta. Gimana sih,,Jadi sebenernya lo itu orang mana sih wan??? Dasar gak jelas..

Wawan ini adalah pemain basket, tapi gak kayak kebanyakan pemain basket lain. Biasanya kan pemain basket digandrungi cewe-cewe, sedangkan wawan kayakya satupun gak ada deh..haha :p. Tapi di balik semua itu maen basketnya jago loh, Deny sumargo aja kalo di adu pasti kalah. Trus Roni Gunawan kalo dribling lewat jauh. maksudnya wawan dilewati dengan mudah..hahaha

Sementara komting gue yang cewe namanya lidya. Orangnya kecil pake jilbab. Yang masih gue inget pas awal ketemu tuh gue kira dia orang blasteran inggris ato eropa utara lain, soalnya dulu wana matanya biru. Eh setelah diperhatiin bener2 tenyata contact lens,, sialan gue ketipu..semprull...

Lidya ini asalnya tuban jawa timur. Layaknya orang jawa timur lain, yang paling keliatan dari dia adalah logat bahasanya yang kata orang-orang sih jawa kasar. Jadi kalo lo ada di deket dia jangan heran kalo kata jambul, celeng dan sebagainya keluar dari mulut manisnya (sebenernya gak manis2 amat sih..hehe). oh ya, juga jangan harap bisa liat sisi feminim Lidya kalo saat2 biasa, paling Cuma acara2 tertentu aja dia kliatan kayak cewe. Kalo hari biasa mah cowo banget malahan yang ada cowo2 kalah sama dia..hahaha (gue harap Lidya gak baca tulisan ini, kalo dia baca bisa-bisa besok nama gue terpampang di koran dengan headline “Seorang Mahasisiwa Tewas Akibat Postingan Gak Jelas di Internet”...Allaayyyy).

Kelas gue punya sesepuh. Namanya Christian Sugiyanto (sebenrnya gak ada nama christian, tapi gue tambahin biar mirip namaya sama Christian Sugiyono). Di punya banyak banget sebutan, mulai dari Giant, Jazen, Mbahe, Gembel, codot, clurut, tikus, prenjak, herder..mulai ngelantur.. yang jelas banyak deh. Tapi di antara sebutan2 gak jelas itu, kalo lo perhatiin baik2 dia ini mirip sama ariel, Cuma butuh polesan dikit aja pasti gak ada yang bisa bedain antara dia sama Ariel. Ariel itu loh vokalis yang katanya ganteng, yang dulu pacaran sama luna maya. Tapi seganteng-gantengnya ariel masih kalah sama Duta Sheila On 7,,HIDUP DUTA..haha.

Jazen ini Orangnya kecil, sama gue paling cuma se bahu (ngasal). Yang jelas sih dia paling pendek dari cowok2 yang laen. Dia dianggap sesepuh emang karna dia yang paling tua di antara kita2. Lo percaya gak kalo dia tuh kelahiran tahun 89, sementara yang laen rata2 tahun 92. Jadi sebenernya dia angkatan 2006 yang menyusup di antara anak2 manis dan imut angkatan 2010 (PARAH BANGET). Satu hal yang gue salut sama dia, jazen ini orangnya super duper sabar. Gak pernah marah, kalo lo bisa bikin dia marah gue bakal salut banget sama lo. Tapi ati2 kalo dia udah marah. Beeuuhh,,bumi bisa pecah jadi 300 bagian.hehe

Sebenernya ada satu lagi sesepuh di kelas gue, namanya Gustian Andhikatama. Gustian ini satu angkatan sama Jazen, tapi Cuma beda hari lahir aja. Dia tuh stylish banget, tapi gak tau style jaman kapan..hahaha.

Orangnya pake kacamata, trus rambutnya semampai cukup panjang kalo buat ukuran cowok. Kalo tadi Jazen mirip sama Ariel, si Gustian ini juga gak mau kalah coy.. Seperrti namanya, dia mirip banget sama Andika Kangen Band, terutama gaya rambutnya. Beuuhh,,tinggal gustian copot kacamata ama si andika di ampelas mukanya biar rata pasti deh orang ngira mereka anak kembar yang terpisahkan. Karena orangtuanya Cuma bisa nebus 1 anak pas di lahirin di rumah sakit, akhirnya salah satu harus di adopsi sama orang lain.. dan akhirnya takdirlah yang menentukan nasib mereka...kasian banget sihhh..huhu.. oke kembali ke laptop, eh sory benang merah maksudnya..

Gustian ini tiap kali ke kampus pake celana jeans gombrong (jeans yang longgar dari atas sampe bawah), selain itu tiap kali kuliah Cuma modal bolpoin aja. Jaraaaannggg buanget gue liat dia bawa tas pas kuliah. tapi itu gak bertahan lama, pas semester 2 dia udah gak pernah keliatan lagi di kampus. Mungkin karna gk tahan sama orang-orang gak waras macam gue sama temen-teman kelas gue kali ya ( Freak )..

Oke cukup basa-basinya,, sekarang saatnya mulai cerita.. (Sedeng, lha dari tadi ngapain woy.. 1200 lebih kata Cuma buat basa-basi.. OON banget sih lo Gun)

Oh ya gue belum kenalin diri ya..

Nama Gue Gunawan, gue orang yang biasa2 aja. Gak ada yang istimewa dari gua. Kalo ada film judulnya bukan perempuan biasa, kalo gua sih cowok biasa aja. Gua baru lulus SMU dan gue belum kuliah. tahun ajaran kemaren gue gagal masuk Ekonomi UI. Daripada kuliah gak jelas mending... (Heh itu kata2 mas Duta di film Tak Biasa, udah gak usah banyak bacot. Langsung cerita aja...!!! Brisik amat sih..)

Oke mulai ceritanya...

Kita mulai kisah ini dari “For D’ Plan” berasal dari bahasa romawi dan celtic kuno dicampur jadi satu (bingung bingung deh lo, orang gue ngarang..haha). jadi inti kegiatannya tuh Cuma buat anak DIII aja, makanya namanya For D’ Plan. For = untuk, D’ = Diploma III, Plan = Planologi  (Terjemahan bebas). Tapi setelah beberapa kali ACC akhirnya pada tahun gue jadi peserta, Judulnya di ganti Plavouscamp.. (efek ganti judul PA..hehe). jadi Bentuk dari kegiatan ini adalah makrab.

Awalnya sih gue males banget mau ikutan karna banyak banget yang mesti di siapin tetek bengeknya. Dan gue inget banget waktu jumat sore ada kuliah Tekkom, dan dari panitian minta kita buat nge-lobby dosennya biar ganti jadwal. Soalnya kita jumat sore harus berangkat ke lokasi makrab. Tapi dari kita Cuma mengiyakan kepada panitia dan gak ngelakuin lobby. Itu semua kita lakukan Cuma buat ngulur2 waktu berangkat aja.. Cacat..

Tapi akhirnya kita berangkat juga sore itu setelah kuliah. Ada yang gue sayangin sebenernya. Kita gak semuanya berangkat buat ikut acara ini. Ada beberapa orang yang gak ikut.

Salah satunya April. Kenapa mesti April sih yang gue sebut.?? Karna dia yang alasan gak ikutnya paling unik menurut gue. (emangnya barang antik apa,,pake unik segala). Pas panitia pada masuk ke kelas dan nanyain siapa yang gak bisa ikut, dia salah satu yang tunjuk tangan. Pas ditanya alasannya apa gak bisa ikut dia bilang gini “Maaf mbak,saolnya kakak saya mau tunangan”. Setelah mendengar kata-kata itu sontak satu kelas langsung ricuh dengan suara2 sumbang “apa,,april mau tunangan?”.. “Cieee, April tunangan.” Dan suara2 semacamnya lah..hehe

Tapi setelah H-1 keberangkatan baru april ngomong kalo sebenernya dia sendiri yang mau tunangan.. saat itu komentar yang keluar dari mulut gue Cuma “Oooo...”. gak seperti koemntar pas di kelas.. April ini salah satu orang yang paling muda di antara temen2 satu kelas, tapi dia orang pertama yang married di kelas gue. Padahal sesepuh kelas aja belum dapet cewe, eh malah udah di duluin sama yang paling muda.. aneh kan..

Oh ya ada yang gue inget banget dari si april ini. Dia sering banget ngaku2 sebagai Dian Sastro Wardoyo (pemain Film “Ada Apa Dengan Cinta”). Plis deh pril, jangan nagku2 sebagai dian sastro. Kalo lo terus-terusan ngaku sebagai Dian Sastro lama2 gue gak ngefans lagi sama dia. Sumpah pril gue gak bisa bayangin kalo lo maen di film AADC sama Nicholas Saputra, terus lo adegan ciuman sama dia. Beeuuh, bisa2 batal meledak tuh film.

Gue juga gak bisa bayangin kalo gue dinner sama Dian Sastro, trus tiba2 yang ada muncul muka lo pas dia mau nyuapin makanan ke mulut gue. Yang ada malah gak bisa gue telan tuh makanan dan gue semburin lagi keluar. Gue juga gak mau kalo ntar faris marah gara2 waktu gue berduaan Dian Sastro dan tiba lo muncul dengan seenaknya di pikiran gue, ntar apa yang mesti gue jelasin sama Dian Sastro??. Kalo dia mutusin gue gimana..?? siapa yang mau tanggung jawab..

Oke gapapa lah kalo lo mau nganggep diri lo sebagai Dian Sastro. Emang lo gak beda jauh sama dia, Cuma kecantikan, postur tubuh, tinggi badan, bakat dan nasib aja yang beda. Gak banyak kan. Tapi kalo lo mau nganggep diri lo kayak dia cukup buat diri lo sendiri aja, gak usah di beberin ke orang2. Dan cukup lo anggap faris itu sebagai Nicholas Saputra.. Oke Prill??? Ya ya ya.. demi gue pril, dan demi hubungan gue sama Dian sastro tetep langgeng (Khayalan Tingkat Tinggi).. oke??

Bersambung dulu ya teman,,lanjutin kapan2... capek nulis terus....

Lanjut Part 2

0 komentar: