POPULER

Kamis, 06 Juni 2013
Banyak hal yang sebenernya bisa gue ceritain disini.. tapi akhir-akhir ini gue jadi agak males buat nulis. Entah kenapa..hehe

Sebelum gue mulai cerita lagi soal kisah klasik gue sama temen-temen D3 plano, gue mau cerita dikit nih tentang gue.. jangan males bacanya ya..plissss.. demi,,sekali lagi aja.. kalo gak gue gak bakalan terusin lagi nih ceritanya (lagak loe pake ngancam segala gun gun,,emangya loe pikir orang-orang pada baca cerita lo ini apa? Belum tentu mereka pada baca). Tolong ya, ya, ya (kok kayak judul lagu?hmm). gue tau loe semua pasti bakalan langsung mikir 100 kali buat lanjutin baca cerita ini kalo gue bilang gue mau cerita tentang diri gue.

Gue paham kalo diri gue bukan orang yang menarik, tapi gue bisa jamin kalo gue adalah orang yang unik (meskipun menjurus ke arah gak waras). Dan ini gak bakalan lama kok. Gue Cuma mau jawab pertanyaan temen gue kemaren.

Jadi ceritanya gini, beberapa waktu yang lalu kan gue sempet cerita tentang mata kuliah semester 1. Nah disitu gue cerita tentang dosen ISBD yang namanya Ibu Endah Darrosy Hocyamina. Yang namanya diambil dari salah satu senyawa yang sifatnya menenangkan. Dan setelah gue cerita tentang itu, temen gue ada yang heran kenapa gue bisa inget hal itu, padahal dia aja (kormat) gak tau.

Itu adalah salah satu keunikan yang gue miliki (tapi gue yakin loe pada lebih setuju nganggepnya aneh daripada unik). Gue adalah tipe orang yang memiliki otak dengan gejala Unimportant Memory syndrome (sebenernya sih gue ngarang sama nama itu, soalnya gue gak tau apa sebutannya..hehe).

Seperti namanya “Unimportant Memory Syndrome”, adalah gejala dimana orang yang lebih mudah mengingat hal-hal sepele atau hal-hal kecil yang gak penting daripada harus memikirkan hal-hal yang lebih besar dan penting. Makanya namanya Unimportant memory syndrome. Dan sampe saat ini gue belum menemukan adanya laporan tentang hal ini di manapun (apa mungkin Cuma gue aja yang punya gejala kayak gini??hmmm aneh).

Oleh sebab itu gue, bisa ingat hal sepele kayak nama dosen tadi sama artinya apa. Dan gue yakin sebagian besar bahkan semua temen gue lupa sama hal ini. tapi gak semua hal sepele bisa gue ingat. Cuma beberapa hal sepele (tapi lumayan banyak juga sih) yang bisa gue ingat, sementara gue yakin kalo orang lain mungkin 90% udah lupa.

Oke,,mungkin cukup penjelasan tentang gue kali ini..lain kali guee bakal cerita lagi. Soalnya gue tau, kalo gue cerita semuanya loe bakalan gak baca tulisan gue. Kita lanjut yuk...

Kalo ngomong soal plano tuh gak lepas dari yang namanya Tugas,,tugas,,dan tugas... dan mulai semester dua banyak banget tugas yang ada. Mulai dari survey, begadang, tidur bareng (jangan mikir jorok) semua ada di plano..

Mata kuliah Kartografi misalnya, banyak cerita sedih yang gue alami kalo ngomongin masalah makul ini (CurCol).. mulai dari gue yang harus survey malem-malem sampe tidur di kampus..

 jadi ceritanya gini,,waktu itu ada tugas yang berkaitan sama GPS (tau GPS kan?? Bukan Gembong Pasar Senen lho). Gue sama temen-temen gue dapet tugas buat cari titik ketinggian suatu tempat, yang nantinya mau dibikin peta kontur. Waktu itu dibagi tiap kelompok ada 4 orang, 2 cowok dan 2 cewek.. kebetulan gue satu kelompok sama Gustian (baca part 1). Dan seperti yang udah gue bilang, semester 2 dia udah gak pernah masuk lagi, ya udah deh gue akhirnya jadi cowok singgle..hehe. sialnya lagi waktu itu gue dapet jatah GPS yang lagi rusak, dan mau gak mau akhirnya gue mesti antri deh.. jadi gue terpaksa malem-malem survey GPS. Tapi untungnya gue punya temen-temen yang care sama gue, dan sempet beberapa kali gue ditemenin sama mereka buat survey. Dan gue makasih banget sama kipli (nama aslinya zulfikar P.W,,gue singkat aja ya namanya soalnya kepanjangan kalo nama lengkap), yang selama survey gue dipinjemin motor dia.. (kok jadi cerita sedih sih..??)

Terus pernah waktu ngerjain tugas besar kartografi (emang segede apa tugasnya??hmm) gue satu kelompok sama manel, dicky sama wawan. Oh ya ngomongin soal wawan, waktu semester 2 gue sering banget satu kelompok sama dia mulai dari geoling sampe kartografi. Kalo kartografi sempet beberapa kali gue satu kelompok sama dia, malahan pernah tuh yang lain kan pada 4 orang satu kelompok, nah gua malah Cuma berdua sama dia..hadeh (derita Kartografi)..

oke lupakan,,lanjut aja..

jadi waktu ngerjain tugas besar, kita dapet wilayah Banyumas, dan disana buuaanyak banget sungainya coy (terus masalah buat kelompok loe gun??). ya iya lah orang kta disuruh digit tuh peta, loe tau kan rasanya digit peta gimana? Buat yang gak tau tanya sama anak plano apa tuh digitasi peta,,dan kalo anak plano gak tau Cuma ada 2 kemungkinan. Pertama dia Cuma nagaku-ngaku anak plano, kedua dia gak punya otak. Soalnya seidiot-idiotnya anak plano (kayak gue misalnya) minimal  tau apa itu digit peta.

Pokonya kita waktu itu semaleman ngerjain tubes di kampus, kita ngerjainnya di depan MPWK (S2 palno undip). Suasana kampus waktu itu sepi, senyap, sedih, senda, gurau (ngelantur). Pkoknya kriik,,kriik banget deh. Layaknya suasana sekolahan kalo malem hari,,tau kan bawanya horor mulu. Dan asal loe semua tau,,gue sempet liat bayangan lewat di belakang pintu MPWK (ada kaca di pintunya,,jadi bisa liat ke dalem ruangan). Setelah itu ada angin lewat, dan otomatis bulu kuduk gue langsung merindig (ya iya lah orang kena angin).

Dan baru sesaat gue mau fokusin pikiran gue sama tugas, tiba-tiba “cekleek” pintu MPWK kebuka. Gue sempet kaget setengah hari (eh lama amat setengah hari?? Sory maksudnya setengah mati). Dan dari balik pintu nongol sebuah kepala tanpa badan sambil bekata “Do nggarap opo cah?” (pada ngerjain apa?). gubrrakkk,,ternyata mas singgih (staff MPWK) yang nongol. Dia Cuma ngeluarin kepalanya aja, badannya masih di dalem ruangan. Padahal gue udah kaget setengah mati.

Masih di acara yang sama (ngerjain Tubes Kartografi maksudnya). Kita berempat sibuk sendiri-sendiri. Waktu itu malem tambah larut dalam cairan kimia (lho), dan mas singgih udah enyah dari tanah air planologi (artinya udah pulang dari kampus). Semakin lama suasana semakin sepi, suara motor yang kadang lewat di deket kampus udah gak pernah kedengeran lagi.

Malam semakin larut.. dan bersama angin malam,,akhirnya Hijau Daun mulai bernyanyi “suara dengarkanlah aku, apa kabarnya pujaan hatiku?”. Lhoo,,ehh.. bukan-bukan, maksud gue kedengeran suara daun-daun yang kena angin bukan band Hijau Daun..hehe sory. Dan masih dalam suasana tenang,,karena semua berlomba-lomba buat jadi yang pertama nyelesein jobdesk-nya. Tiba-tiba manel memecah keheningan malam “dick,,carane Skype-an ki piye?” (dick,,caranya Skype-an tuh gimana?). dan secara reflek gue nepok jidat gue “kirain udah selese” batin gue. Tapi udah lah,,wajar kalo dia cari hiburan, emang ngerjain tugas tuh bosennya minta ampun.

Kita berempat udah kayak gelandangan yang gak punya tempat tinggal tau gak? Melas baget,,lesehan di depan MPWK sambil nerjain tugas. Untung aja malem itu satpam gak ngecek disana, kalo iya mah udah dikira gelandangan beneran yang mau numpang tidur kita. Dan pasti satpamnya langsung ngusir kita saat itu juga.

Selain kartografi ada mata kuliah-mata kuliah lain yang gue dapet di semester ini. Mulai dari proper (pengantar Proses Perencanaan), Geoling (Geologi Lingkungan), Tekkom (Teknik Komunikasi), KWU (kewirausahaan), Olahraga, Pengek (Pengantar Ekonomi) sama Matematika. Dn beberapa diantaranya punya cerita.

Emmm,,cerita soal matematika dulu deh..
Awalnya gue seneng banget bisa ketemu lagi sama yang namanya matematika, soalnya dari SD gue udah suka sama pelajaran yang satu ini. jadi macem cinta lama bersemi kembali gitu..aseek. tapi setelah gue dapet kuliahnya, hal yang paling mengerikanpun terjadi. Gue gak mudeng coy... seperti yang udah gue ceritain sebelumnya, kalo gue suka banget sama yang namanya matematika. Dan sejak SD nilai gue selalu di atas rata-rata, walau kadang gak yang terbaik. Tapi kali ini??? gue ngerasa kayak anak lulusan TK yang baru bisa berhitung 1-10 terus di ajarin logaritma ato integral.. aarrrggghhhh gue streeeessss...

Mungkin karena selama semester 1 kemaren gue gak nyentuh sama sekali yang namanya matemtika kali ya? Jadi julukan maestro matematika (kata temen SMPku) mulai luntur dan ilang tak berbekas. Hmmm,,ya udah lah mau gimana lagi. Kita terusin aja ceritanya.

Terus ada lagi nih cerita soal Proper. Kalo yang ini kelompok gue ada Dikki, Tyas, Gita, Suci, sama Jazen. Jadi tuh waktu itu ada tugas besar ada dua kali presentasi, presentasi awal sama akhir. Nah kejadian yang mau gue ceritain ini waktu presentasi awal. Masih terekam jelas dalam harddisk gue (otak maksudnya),  presentasi itu dilaukin di ruang seminar. Dan selaku kormat waktu itu yashinta sama bagus pada sibuk buat ngurus persiapan. Mulai dari LCD lah, laptop lah sampe hubungin dosen sama asdosnya,,pokonya ribet deh.

Setelah semuanya siap,,akhirnya presentasi dimulai. Satu persatu kelompok mulai menjelaskan tugasnya dari latar belakang, perumusan masalah, gambaran umum, sampe dengan rekomendasi. Satu hal yang bkin gue empet banget (eh empet apaan ya?? Pokoknya jengkel gitu lah) yaitu apa yang di bilang oleh dosennya. Jadi tuh dosennya bilang gini:

 “Tugas kalian tuh Cuma identifikasi permasalahan yang ada di wilayah studi, ngapain sampe bikin rekomendasi segala? Kalian tuh baru semster dua, kalian belum memiliki kompetensi buat ngasih rekomendasi segala macem.”

Dan kalian tau apa yang terjadi?? Muka temen-temen gue langsung pada muram semua. Kayak orang yang udah mengalami bebagai cobaan selama hidupnya, dan gak pernah ngerasain kebahagiaan sedikitpun.. kasian,,kasian,,kasian...(dengan gaya Upin-Ipin). Dan kata-kata itu tuh rasanya merendahkan kita baget. Emang gue akuin kita masih semester 2, tapi gak ada salahnya kan kita buat coba bikin rekomendasi. Namanya juga belajar..gimana sih??

Gue tau banget apa yang ada di pikiran mereka (temen-temen gue). Mereka sebenrnya pada mau protes masalah itu. Soalnya yang nyuruh buat ngasih rekomendasi segala macem itu dari asdosnya. Dan satu hal yang sampe detik ini belum gue temuin jawabannya, apa mereka (dosen sama asdos) gak koordinasi dulu ya soal gimana tugas besarnya.. oke,,itu udah berlalu dan gak perlu dipikirin lagi. Seperti apa yang di omongin mas duta “Yang sudah biarlah Sudah”.

0 komentar: