POPULER

Rabu, 15 Mei 2013

Akhirnya setelah cukup lama gue bisa nulis lagi..

Semalem gue degerin lagunya Jikustik yang liriknya gini “Kapan lagi ku tulis untukmu,,tulisan-tulisan indahku yang dulu. Pernah warnai dunia,,puisi terindahku hanya untukmu”. Yah meskipun gue gak nulis puisi kayak waktu SMP dulu (aseek,,anak SMP sukanya nulis Puisi coy..haha), tapi dengan tekad yang membara akhirnya pagi ini gue bener-bener niatin buat nulis lanjutan cerita Kisah Klasik D3 Plano kemaren..



Semester 2 merupakan semester sangat berkesan menurut gue, dan gue yakin sebagian temen-temen setuju sama pendapat gue satu ini. Banyak pengalaman yang gue dapet di semester ini,,di saat inilah gue baru bener-bener mengenal gimana rasanya kuliah di Teknik khususnya PLANOLOGI ato Perencanaan Wilayah Dan Kota. Banyak kejadian-kejadian yang menyenangkan sekaligus sedih,,mulai dari persahabatan sampai pertengkaran. Tapi semua itu gak ngurangin rasa kekeluargaan di dalamnya. Satu hal yang gue berani bilang “Gue bener-bener ngerasa punya keluarga disini” (jangan di bilang alay,,gue serius). dan tak lupa ada juga kisah tentang Cinta...ciieeee

“Bertahan satu Ciiiiiiiinta, bertahan satu C-I-N-T-A”.haha





Salah satu kisah cinta yang paling fenomenal di kelas gue adalah kisah tentang “SILUMAN”. Lho emang temen kelas lo gak semuanya manusia??,, pasti itu yang ada di pikiran kalian.haha. santai dulu, jangan menarik kesimpulan terlalu dini tanpa bukti yang cukup (Aseekk,,efek nonton Sherlock Holmes.. tau Sherlock Holmes gak?? Jangan-jangan pada gak tau nih?? Dasar Cupu..). meskipun kebanyakan tingkah laku temen-temen gue (termasuk gue) gak pernah normal layaknya manusia kebanyakan, tapi gue jamin temen-temen gue manusia semua kok,,santai aja jangan takut. “SILUMAN” ini bukan makhluk atau apa lah, ini Cuma sebuah akronim dari “SucI LUph maMAN” haha. (Alay banget bikin akronimnya..). mereka ini adalah romeo dan juliete nya kelas gue (aseeekkk,, suit-suit,, prikitieeww..). Maman adalah orang majalengka yang suka banget maen bola. Dia kalo di ajak maen fulsal,, beeuuh nomor satu dah. Meskipun tugas kuliah numpuk dan deadlinenya besok tapi dia pasti nympetin kalo buat di ajak futsal hari ini..haha. ya gitu lah maman.



Sementara Suci,,eemmm dia ini orang Jombang jawa timur. Dan satu hal yang sebenernya pengen gue tanya sama dia, kenapa sih banyak banget fenomenal dari Jombang. Mulai dari Rian Jombang sampai Eyang Subur. Ya kalo fenomenalnya dalam hal yang baik sih gak masalah ya, tapi yang ini??? Tau kan siapa Rian Jombang,,seorang pembunuh berdarah dingin yang  yah gak perlu gue jelasin panjang lebar kan. Terus yang baru-baru ini muncul ada Eyang Subur yang ngaku sebagai panoramal ehh paranormal masud gue, yang menggemparkan seantero jagad pertelevisian. Gimana gak, setiap gue nonton TV yang muncul Eyang subur mulu di infotaimen. Bayangin aja sebulan lebih jadi bahasan di tiap infotaimen, ngalahin artis tau gak. Kalo ibarat lagu nih ya, kayak lagunya Sheila On 7 “Sephia” yang waktu itu sempet nangkring di di posisi Top chart MTV selama beberapa bulan. (mohon dimaklumi ya,, Sheila Gank soalnya) Haha. Emang mungkin orang-orang yang gak normal kayak paranormal tadi selalu jadi pusat perhatian kali ya di negeri ini. Tapi setelah gue pikir-pikir kok gue gak ya,,padahal kan gue juga gak normal. Malahan gue paling gak normal diantara temen-temen gue. Hmmm,,emang negeri ini udah gak normal..haha lupakan..



oke lanjut aja,, eh sampe mana ya tadi? Oh ya inget, sampai jombang jadi bentar lagi sampe Surabaya (Mantan Kernet Bis).. seperti halnya Komting gue Lidya, dia juga biasa pake logat jawa timuran. Dan si Suci ini kalo lagi geram sering banget ngomong “ooo,,Jambul”.. haha setelah gu pikir, mungkin orang ini butuh kacamata kali yaa,, orang rambut gue gak jambul di bilang gue jambul.. apa mungkin dia terobsesi sama syahrini ya, yang terkenal sama rambut jambul khatulistiwanya?? Hmmm,,bisa jadi.. selain itu dia juga sering ngomong gini “ooo,,tak Sotho koe”. Tuh kan,,masak gue mau di jadiin soto. Itu aja Cuma kalo dia geram,, Kalo gue bener-bener bikin dia marah bisa-bisa gue jadi “Gugun Guling” kali yaa..haha. eiiit,, jangan mikir lebih jauh ya. Maksudnya “Sotho” itu “Jitak” bukan Soto makanan.. jadi dia gak bermaksud buat jadiin gue Soto kok,,tapi kalo yang ngomong Rian ato Eyang Subur mungkin beneran jadi soto kali ya..hahaha



Tapi setelah gue pikir-pikir sebenernya mereka gak kasar-kasar amat sih,,mungkin emang tradisi di sini terlalu halus kali ya? Jadi ketika mereka masuk kesini jadi keliatan kasar bahasanya. Tapi gue yakin kok itu hal yang wajar di daerah mereka. Soalnya yang gue kenal Suci Sama Lidya ini orangnya baik-baik kok..hehe (Berharap Lidya maafin gue setelah tulisan gue tentang dia dulu.. -.-)



Ngomong-ngomong soal suci, gue jadi inget waktu gue sama dia dulu waktu semester 1. (eiiitss,,jangan mikir macem-macem dulu. Ntar gue di hajar lagi sama maman). Jadi dulu tuh gue sempet jadi kormat mata kuliah B. Indonesia, dan suci adalah Partner gue waktu itu. Sebelum lanjut, kita flashback dulu yuk sama semester 1. Gue mau cerita dikit tentang kormat sama mata kuliah..hehe. waktu semester 1 dulu, gue dapet 8 mata kuliah. dan dari 8 mata kuliah itu gue punya hal-hal yang sampe sekarang masih gue inget, entah dari mata kuliahnya, dosenya, ato malahan kormatnya..



Kita mulai dari ISBD (Ilmu Sosial dan Budaya Dasar). Berhubung yang nulis gue, jadi gue ntar aja terakhir, tokoh utama kan nongolnya gak di awal..haha.  Kormat dari ISBD ada Nawaf sama Dyah Andriyanti. Dosen dari mata kuliah ini ada Ibu Endah Darrosy Hoscyamina (kalo gak salah sih, yang jelas ejaanya gitu..hehe). menurut beliau nama Hoscyamina adalah salah satu senyawa kimia yang memiliki sifat menenangkan,,hmm mirip morfin dong kalo gitu?. Ibu Darrosy ini adalah dosen dari fakultas psikologi, dan setiap mau kuliah beliau selalu minta tolong buat di jemput. Dan satu lagi, beliau gak mau kalo yang jemput cowok, soalnya bukan mukhrim. Jadi waktu itu selaku kormat Dyah selalu jemput ibunya,,hehe berasa tukang ojek cewek ya mbak?? :p



Terus ada mata kuliah agama, ninda sama reza yang jadi kormat kali ini. Gak banyak yang bisa aku ingat dari kuliah ini. saat itu kita sempet di suruh buat nyalin semua tulisan arab yang ada di salah satu buku pegangan kuliah kita,,dan itu banyak buannggeett coy capek buat nyalinnya..huhu (emot sedih). tapi gak masalah, itu kan tulisan arab. Daripada tulisan cina ato jepang?? Mending ini lah.. ribet kalo tulisan Jepang sama Cina..



Lanjut ke mata kuliah Kewarganegaraan. Ehm, kormat dari mata kuliah ini ada Wawan sama Tyas ehhmm,,uhuuuk uhuuk...uhuuuk... (sory gue batuk,,gak tau kenapa...). kalo mata kuliah ini dosenya gokiiilll abizzz. Kalo di dalam bawaanya mau ketawa mulu,,kocak banget dosennya. Selain itu kalo kuliah gak pernah lama paling setengah jam setelah masuk dosennya ngomong gini “berhubung saya udah capek, jadi kuliahnya di lanjutun besok ya”,,haha.. oh ya satu lagi,,beliau kalo kekampus sering banget gonta-ganti mobil. Mungkin punya dealer kali ya..?? ato jangan-jangan makelar mobil..hhehe



Statistik,,kalo yang satu ini tau lah pasti kalian akan sangat merasa bosan kalo di dalam.. sebenernya sih gue adalah tipe orang yang suka sama matematika dan hal-hal yang berhubungan sama hitung-hitungan (sok banget,,padahal gak jago-jago amat soal matematika.. tapi biarin,,orang yang nulis gue. Jadi suka-suka gue dong). Tapi setelah ikut mata kuliah ini gue jadi bingung sendiri..hehe soalnya gak mudeng sama distribusi frekuensi segala macem. Oh ya kormat.. gue lupa nyebutin tadi,,kormat mata kuliah ini ada Dikki (inget ejaannya D-I-K-K-I,,soalnya ada 2 orang di kelas gue yang namanya gitu) sama yang cewek ada Gita.



Teknik Informasi,,nah kalo yang ini kormatnya Dicky (D-I-C-K-Y bukan D-I-K-K-I,,tolong bedain ya...) juga ada Nia. TI merupakan mata kuliah yang paling sering ada tugas tiap minggunya. Gue masih inget saat-saat mau ngumpulin tugas, mereka berdua (kormat) duduk di depan ruang kelas B.105 nunggu kita-kita yang bisasanya mepet dedline ngumpulin tugasnya. Yang satu megang lembar absensi buat checklist siapa aja yang udah ngumpulin, terus yang satu megang laptop saat yang di kumpulin ada yang softfilenya. Dan kalo di liat tuh mereka melas banget, udah kayak tukang sayur di pasar yang jual gorengan (lho).haha



B.Inggris... ada Lidya sama Maman nih yang jadi kormat. Gue sebenernya kasian sama lidya, tiap kali kuliah dia udah kayak jadi pelyan restoran. Tau kenapa? Karena dosennya kalo ngajar tuh selalu butuh minum, nah biasanya di tengah-tengah kuliah beliau selalu minta tolong buat di bikinin minum. Selaku kormat jadi lidya yang paling sering buat buatin minum. Dengan langkah yang menawan layaknya pelayan kafe (aseeek), dia jalan keluar kelas buat menuju ruang TU (ato mana gue gak tau) buat bikinin minum. Setelah beberapa saat, akhirnya lidya kembali dengan secangkir teh di tangannya tapi tetep dengan langkah paelayan tadi.hehe. Dan tersajilah teh anget dengan sedikit gula dan disajikan dalam cangkir ukuran sedang di kasih tutup biar gak cepet dingin terus di taroh di atas piring kecil, tak lupa di kasih sendok di pinggir gelas kalo-kalo mau di aduk sebelum minum. Sesuai sama permintaan pelanggan..hahaha



Berikutnya ada PPWK (Pengantar Perencanaan Wilayah dan Kota). Adit sama Dian, kormat mata kuliah ini. hmmm,, kalo yang ini gue sering banget di ganggu sama kormat ceweknya (Dian). Dia sering banget minta tolong sama gue terutama saat Adit gak masuk buat nganterin dia ngumpulin tugas anak-anak ke dosen (gue agak ragu sih dia minta tolong ato nyuruh,,soalnya agak maksa kalo minta tolong..hehe). Dengan suara yang mirip shincan “Gun,anterin aku dong ngumpulin tugas ini. aku takut ngumpulin sendiri”. Gubrraakkk,,kayak ngumpulinnya di kuburan aja takut. Dan sebagai seorang cowok, gue gak bisa nolak permintaan itu. Mungkin karena namanya Dian kali ya,,sama kayak cewek gue waktu itu “Dian Sastro” jadi gue gak pernah bisa nolak kalo dia minta tolong..hehe.



Akhirnya gue anterin juga dia.. Begitu sampai di depan laboratorium tempat ruangan dosen mata kuliah ini berada, gue langsung buka pintunya. Begitu gue buka,,”Ceklek”.. “wuuuussss” angin berhembus,,terus gue denger suara “kuuggerruuuukkk” (ceritanya suara burung hantu). Dan sontak bulu kuduk gue langsung berdiri. Gue melangkah pelan-pelan,,gak ada siapapun disana dan gue liat banyak papan nama di dalam sana.. sebenernya waktu itu gue mau langsung kabur sih,,tapi berhubung gue sama cewek jadi gengsi dong kalo gue kabur. Jaga reputasi coy.. masak cowok kabur duluan,,kalo ceweknya kabur duluan baru gue ikutan tapi pura-puranya ngejar dia..haha. setelah gue liat nama yang gue cari,,akhirnya gue deketin pelan-pelan.. setelah sampai gue taruh sesajen yang udah di siapin sebelumnya (yang gue maksud tugas makulnya). Dan setelahnya kita langsung cuss keluar dari sana..hehe



Okke lanjut,,Dan yang terakhir (jengg jengg jengggg) B. Indonesia yang kormatnya Gunawan (dibaca gue) sama Suci. Mata kuliah ini dosenya pak Hermintoyo. Dan hal ini yang gak pernah gue lupain, beliau suka benget mempermasalahin nama. Dari nama mahasiswanya sampai nama sendiri di permasalahin. Gue miasalnya, nama gue Gunawan dan selalu di bilang bahwa nama gue adalah nama seorang penghianat.



“WHAAATTTT???” (gue Panik). Masak orang lucu (waktu kecil), cakep (waktu kecil juga), terus ramah, lugu, dan baik kayak gue (meskipun agak gila) di bilang penghianat?? Apa masalhnya coba?? Ya Allah,kenapa engkau berikan cobaan seperti ini terhadap hambamu. Salah siapakah ini?? apa salah kakak gue yang dulu minta nama gue di ganti Gunawan?? Coba dulu nama gue tetep Mahmud Sholikin,,pasti kejadian ini gak bakalan menimpa gue. Kalo gak coba dulu nama gue di ganti David Beckham, Tom Cruise mungkin, ato paling gak Nicholas Saputra biar gue bisa ciuman sama Dian Sastro di film AADC (Sorry Setan Lewat). Kenapa coba,,kenapaaaa???. Huhuhu (Nangis ceritanya)



Dan kenapa Gue di bilang penghianat ceritanya gini, Dalam pewayangan nama ini mengacu sama tokoh Gunawan Wibisana, adik dari Rahwana penguasa kerajaan Alengka dalam kisah Rama-Sinta. Saat itu Rahwana menculik dewi Sinta yang merupakan istri dari prabu Rama. Ketika mengetahui kejadian itu Gunawan mencoba membujuk kakaknya untuk melepaskan Sinta karena dia tau itu perbuatan salah. Tapi Rahwana gak mau nglepasin Sinta. karena hal itu Gunawan beralih pihak membela Rama, bukan lagi Rahwana yang notabennya adalah kakanya sendiri. Itu terjadi saat akan terjadi perang antara kerajaan yang dipimpin Rahwana melawan kerajaan yang dipimpin Rama. Semua itu dilakukan karena ia merasa perbuatan kakanya yang menculik Shinta itu adalah perbuatan salah. Dan dia membeberkan kelemahan-kelemahan dari pasukan Alengka kepada Rama (kenapa malah jadi cerita wayang sih??hehe). karena itulah Gunawan di bilang penghianat. Gue sempet membela diri dan bilang kalo itu semua dilakukan demi kebenaran,,tapi bapaknya bilang gini “Tapi dia tetep menghianati Rahwana kan?”. Dan saat itu gue langsung diem,,dan gue dengan berat hati harus menerima kalo nama gue “Gunawan” adalah nama seorang penghianat..



Mungkin karena ini kali ya,,nama tengan gue dikasih nama “Setyo” yang artinya “Setia” buat meminimalisir pengaruh nama Gunawan?. Terus nama belakang gue di kasih “Nugroho” yang artinya “Bersahaja”. Tapi dari yang orang tua gue bilang sih nama “Gunawan “ gak di ambil dari situ, tapi dimaksudkan artinya adalah orang yang selalu berguna bagi orang lain. Jadi sebenernya nama gue “Gunawan Setyo Nugroho” berarti “Orang yang berguna, Setia, dan Bersahaja” asseekkk (padahal gue ngasal lho..haha). kenapa malah ngomongin nama gue sih..??Tapi gue harus positif thinking,,dan dari persistiwa ini gue yakin satu hal kalo penghianat itu tak selamanya salah,,karena Gunawan Wibisana berhianat demi sebuah kebaikan dan kebenaran..(aseekk).



Itu adalah cerita-cerita yang selalu gue inget dari tiap mata kuliah di semester satu,,kalo semester 2?? Tunggu aja lain kali..



0 komentar: